Tags

, , , ,

Baiklah kita akan sedikit membahas langkah langkah apa yang perlu dilakukan untuk merancang cloud robot yang kita butuhkan untuk contoh tragedi twin towers yang dibahas pada artikel “Cloud Robot. The future rescuer.” itu.  Tentunya pedoman ini juga berlaku untuk membuat robot pada umumnya.

  1. Defining the problem.  Definisikan apa problem yang kita ingin robot itu atasi ? apakah untuk melakukan penyelamatan seperti tragedi WTC new York itu ?.  Hal ini yang menentukan langkah langkah selanjutnya.
  2. Research and Design.  Lakukan penelitian seperti kondisi gedung gedung tinggi dan situasi peristiwanya untuk mengetahui secara pasti spesifikasi yang dibutuhkan oleh robot itu:
    1. Movement.  Dikenal dengan istilah “Degree of Freedom” adalah kemampuan bergerak dari sebuah robot. Definisikan gerakan apa saja yang harus bisa dilakukan robot itu misalnya maju, mundur, melompat, berlari, dsb.
    2. Manipulation. Apa yang bisa dilakukan oleh robot itu terhadap object yang ditemukannya dalam contoh kasus tragedi kita adalah manusia yang akan diselamatkan.  Apakah robot ini harus bisa memanjangkan tangannya sehingga bisa dijangkau oleh manusia yang agak jauh jaraknya ?.
    3. Power.  Apa yang menjadi sumber tenaga listrik untuk robot ini beroperasi ? berapa lamakah kebutuhan operasi robot itu sebelum harus melakukan recharging ?  apakah ada beberapa sumber energi yang bisa dipergunakan ?.
    4. Intelligence.  Apakah robot ini harus mempunyai kemampuan berpikir atau kemampuan kemampuan khusus lainnya ?.  Hal ini menentukan apakah anda harus mempergunakan microprocessor atau hanya rangkaian rangkaian sederhana saja.  Dalam hal cloud robot maka akan dibutuhkan rangkaian komunikasi berbasis internet sesuai dengan kecepatan yang dibutuhkan untuk menghubungkan tubuh robot itu ke otaknya.
    5. Sensing. Apakah robot ini harus mempunyai kemampuan mengenali lingkungan dimana dia sedang berada ? misalnya panasnya ruangan, kandungan racun pada udara ruangan, dsbnya.  Bila ya maka robot itu harus diperlengkapi dengan sensor sensor yang sesuai.
    6. Structure.  Apakah bentuk fisik dari robot ini yang paling ideal untuk tujuan itu ?.  Bentuk seperti manusiakah (humanoid) ? atau seperti ular, laba laba, dll yang tentunya setiap struktur mempunyai kelebihan dan kekuranganya masing masing.
    7. Material.  Pikirkan material yang cocok untuk robot ini, misalnya untuk contoh kasus tragedi itu maka dibutuhkan material yang tahan panas sampai pada tingkat temperature tertentu agar robot itu tidak meleleh belum lagi komponen komponen lainnya harus dipikirkan juga .
    8. Construction.  Pikirkan bagaimana cara memproduksinya apakah membutuhkan proses cutting, shaping, screwing, soldering, moulding, casting, dan seterusnya.  Terutama pastikan kalau robot itu memang mungkin untuk diproduksi.
    9. Social Impacts and Environmental effects.  Pikirkan apakah ada dampak dampak negatif pada masyarakat dan efek efek buruk kepada lingkungan atau lokasi dimana robot itu dioperasikan, misalnya untuk kasus itu harus dihindarkan bahan bahan yang mudah terbakar atau bisa meledak oleh api.
  3. Prototyping.  Kita harus membuat sebuah prototype dari robot itu sebelum diproduksi robot yang sesungguhnya.  Tujuan prototyping ini adalah agar bisa dilakukan testing dan troubleshooting terhadap robot itu sehingga menjadi sempurna sesuai dengan yang diinginkan pada awal perencanaannya.  Sebuah prototype biasanya lebih kecil dari aslinya dan tidak perlu harus sama dengan aslinya tetapi tergantung dari tujuannya maka prototype yang semakin mendekati aslinya lebih baik tentunya sehingga pada tahap berikutnya hanya memproduksinya dalam jumlah lebih banyak.
  4. Building your robot.  Pada tahap ini selesailah semua persiapannya dan kita tinggal memproduksi robot yang sesungguhnya.
  5. Programming your robot.  Pada tahap ini kita tinggal membuat software yang merupakan intelegensi dari robot tersebut.  Untuk kasus cloud robot tentunya kita tinggal membuat aplikasi software dengan teknologi cloud computing.
  6. Evaluating your robot.  Ini adalah tahap penilaian pada performance dari robot yang telah diciptakan dan mencari kekurangannya untuk diperbaiki menjadi lebih sempurna dan memulainya kembali dari langkah pertama yaitu “Defining the problem” di atas.

Bila anda ingin mengetahui harga dan membeli komponen yang diperlukan untuk membuat robot anda sendiri dari robot for toy sampai dengan robot for industry, kunjungi website www.robotshop.com yang didirikan sejak tahun 2003 pada usia 31 tahun oleh Mario Tremblay yang sebelumnya telah selama 6 tahun mengabdi di Canadian Special Forces sebagai  airborne soldier dan combat engineer.