Tags

, , , , , , , ,

Apa yang menjadi tren korporasi saat ini adalah penggunaan teknologi Cloud (Cloud Computing atau Komputasi Awan) dimana dengan teknologi ini para pengguna individu maupun perusahaan akan lebih mudah dalam memanajemen TI dan juga biaya kepemilikan total sebuah sistem komputernya.

Namun dunia robotika juga tengah digandrungi oleh para pelajar dan juga korporasi besar hingga akhirnya dua teknologi ini bertemu dengan melahirkan apa yang disebut sebagai Cloud Robot.

Cloud Robot berbeda dengan semua robot yang ada sekarang ini dan diklaim memiliki intelegensi yang sangat luar biasa bahkan tidak terbatas lantaran memiliki ‘cloud brain’ yang terdiri dari processor dan data yang tak terbatas jumlahnya di cloud (internet). Dengan CLoud Robot ini pengembangan dan pembuatan Robot akan memiliki biaya yang jauh lebih murah dari sebelumnya.

Kecanggihan dari teknologi Cloud Robot bukan hanya terlihat dari sistem nya yang memang saling terhubung satu sama lain karena sistem mereka berada di Internet namun juga memiliki bentuk proses yang sangat sederhana karena kita hanya membutuhkan perangkat input dan output saja.

Hal inilah yang mendorong Institute of Technology Purwadhika Nusantara, sebuah institusi pendidikan penggiat cloud computing di Indonesia, dengan menggandeng World Robotic Explorer untuk membuka jurusanCloud Computing for Robotic dengan menggandeng Strata 1 bagi mahasiswanya.