Tags

, , , , , , , ,

MSN.COM
By taufiq, okezone.com, Updated: 5/25/2011 8:01 AM

Demi mengikuti perkembangan teknologi komputasi awan di Indonesia yang kini semakin maju, hadir sebuah universitas yang mengklaim sebagai ‘kampus cloud pertama di Indonesia’.

Hadir Kampus Cloud Computing Pertama di Indonesia

JAKARTA – Demi mengikuti perkembangan teknologi komputasi awan di Indonesia yang kini semakin maju, hadir sebuah universitas yang mengklaim sebagai ‘kampus cloud pertama di Indonesia’.

Institusi pendidikan lokal yang menaruh perhatian sedemikian besar terhadap teknologi cloud computing adalah Universitas Purwadhika Nusantara. Kampus ini banyak bekerjasama dengan pihak Microsoft.

“Kami mencermati adanya kebutuhan akan tenaga ahli di bidang cloud computing dalam jumlah besar di masa mendatang, oleh karena itu, kampus ini didirikan untuk menyiapkan Indonesia menyongsong era komputasi cloud computing, melalui penyediaan lulusan-lulusan berkualitas yang siap bekerja di bidang cloud,” ujar Purwa Hartono, Presdir dari PT. Purwadhika Logika Komputer di Jakarta, Rabu (25/5/2011).

“Selain itu, tentunya lembaga kami juga mengaplikasikan teknologi cloud secara langsung,” tambahnya.

Purwa mengatakan bahwa ada tiga konsentrasi utama dalam kurikulum yang diajarkan yaitu Cloud Computing untuk Bisnis, Games dan Mobile.

Nantinya lulusan kampus Universitas Purwadika Nusantara akan menyandang gelar Sarjana Perancang Piranti Lunak serta memiliki titel MCPD (Microsoft Certified Profesional Developer) atau MCITP (Microsoft Certified IT Professional).

“Melalui strategi yang fokus pada teknologi Microsoft, maka seluruh mitra dan pengembang software Microsoft akan menyambut baik dengan tangan terbuka,” imbuh Purwa.

Universitas Purwadhika Nusantara baru akan dibuka pada bulan September. “Untuk awalnya kami hanya menerima 120 orang mahasiswa saja,” kata Purwa.

Purwa Hartono mengatakan bahwa kurikulum Universitas Purwadhika Nusantara dirancang sesuai portfolio Microsoft. “Diharapkan dalam 4 tahun ke depan, lulusan-lulusan dengan sertifikasi tingkat dunia Microsoft dari kampus ini akan menjadi generasi penerus perancang aplikasi TI,” pungkasnya.