Tags

,

March 16, 2011
Cloud Computing (foto: google)

Cloud Computing (foto: google)

JAKARTA – Australia memiliki kekuatan unik di bidang teknologi informasi, khususnya Cloud Computing. Teknologi tersebut diklaim berpotensi untuk mempengaruhi cara beroperasi berbagai bidang usaha di Indonesia.

Cloud Computing adalah perkembangan terbaru di teknologi sistem komputer yang memungkinkan pelanggan untuk hanya mengeluarkan biaya sesuai pemakaian sehingga menawarkan solusi teknologi berkualitas tinggi yang tepat waktu, hemat biaya, dan sangat cepat dalam merespon kebutuhan pelanggan.

“Bidang teknologi informasi merupakan salah satu bidang yang terwakili dengan kuat di hampir semua institusi pendidikan di Australia baik melalui program-program yang ditawarkan maupun keberadaan fasilitas dan infrastruktur yang canggih,” ujar Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Robilliard, dalam keterangannya, Rabu (16/3/2011).

Dikatakan Paul, pemerintahnya berupaya meningkatkan hubungan dengan Indonesia di bidang usaha. Oleh karena itu dibuatlah sebuah lokakarya bertema Cloud Computing, dan juga menampilkan tokoh alumni dari Australia yang telah memiliki nama di bidang teknologi informasi

Pada saat acara lokakarya berlangsung, para peserta berkesempatan untuk membahas segala masalah yang berhubungan dengan teknologi Cloud Computing bersama para pakar dibidang teknologi komputer baik dari Australia maupun Indonesia, termasuk Dr Rajkumar Buyya, Professor di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Perangkat Lunak dari Universitas Melbourne, yang juga adalah Direktur dari Laboratorium Cloud Computing dan Sistem Distribusi (CLODS). Professor Buyya menyampaikan materi langsung dari Australia melalui teknologi Skype.

Selain Professor Buyya, akan ada dua pembicara lain yang akan berbicara pada lokakarya ini, yaitu Silvia Rivena Wibowo dari PT Sun Microsystems dan Indra Utoyo Direktur IT dari PT Telkom Indonesia.

Industri Teknologi Informasi Australia bernilai sekitar 100 miliar dolar Australia yang merupakan terbesar kelima di kawasan Asia Pasifik dan terbesar ke-14 di seluruh dunia. (srn)